free counters

Sabtu, 16 April 2011

PEMIMPIN IDEAL

Creat By: Mohammad Luthfi
( STUDENTS OF SOSIAL AND POLITICAL SCIENSE FACULTY COMMUNICATION STUDY PROGRAM BHAYANGKATA UNIVERSITY)
Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang pro rakyat, pemimpin yang bisa melindungi dan mengayomi seluruh rakyatnya. Bisa memberikan jaminan keamanan ,kenyamanan serta bisa memberikan jaminan hidup yang layak bagi seluruh rakyatnya. Apa yang dilakukan selalu untuk kebaikan bersama. Dia lebih mengutamakan kepentingan rakyat dari pada kepentingan pribadi maupun kelompoknya. Bukan pemimpin yang hanya memperkaya diri, lebih mementingkan diri dan kroni-kroninya, sementara kepentingan umum di nomor duakan.
            Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki jiwa leadership yang  tahu dan mengerti bagaimana cara memimpin yang baik. Dia harus mampu mengatur dan menjalankan pemerintahan dengan benar. Bukan pemimpin yang hanya menjadi simbol pemerintahan dimana dalam setiap pengambilan kebijakan selalu mengikuti arahan dari tokoh-tokoh politik maupun tokoh-tokoh bisnis yang hanya mau mengeruk keuntungan semata, sementara hal-hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak di abaikan demi menyelamatkan dirinya dari tekanan sistem yang bobrok.
            Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang tegas, adil dan bijaksana. Dia harus tegas dalam setiap pengambilan kebijakan tanpa harus takut dan ragu-ragu terhadap siapapun selama apa yang dilakukan benar demi untuk mensejahterakan rakyat. Dia pemimpin yang adil terutama dalam bidang penegakan hukum. Dia harus berani dan berada di garda terdepan dalam bidang supremasi hukum terutama dalam hal pemberantasan korupsi, sebab korupsi merupakan penyakit yang sangat akut dan sudah membudaya di negeri ini yang harus di perangi. Banyak sekali tokoh-tokoh politik, pejabat pemerintah baik daerah maupun pusat yang terlibat kasus korupsi tapi tidak tersentuh oleh hukum, walaupun ada sebagian kecil yang sudah di proses dan di jebloskan ke penjara, namun putusan pengadilan kadang  tidak adil karena hukuman berat yang seharusnya ia dapat jutrus ringan yang ia peroleh. Ironisnya lagi, ada pejabat negara (seorang wali kota) yang jelas-jelas statusnya sebagai tersangka karena melakukan tindak pidana korupsi masih bisa melantik bawahannya dari balik jeruji penjara. Sementara kalau maling ayam atau copet pasar begitu di tangkap langsung di pukul sampai belur. Hukum masih berpihak pada orang-orang tertentu karena pemimpinnya tidak tegas. Nah, seorang pemimpin yang tegas dan adil adalah pemimpin yang berani menindak siapapun yang melanggar aturan hukum tanpa pandang bulu, entah itu keluarganya, kelompoknya maupun orang-orang dekatnya.
            Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang amanah yang bisa mempertanggung jawabkan semua yang ia lakukan serta bisa mewujudkan segala yang di ucapkan disaat kampanye, karena selama ini banyak sekali pemimpin yang hanya mengobral janji di saat kampanye tapi tidak pernah merealisasikan janji-janjinya setelah ia terpilih menjadi pemimpin, justru kadang ia melupakan konstituennya. Rakyat hanya di butuhkan disaat kampanye, mereka rela turun kedaerah-daerah demi mewujudkan ambisinya dengan iming-iming atau janji akan mensejahterakan rakyat dengan memberikan jaminan kesehatan bagi rakyat miskin, sekolah gratis, serta memprioritas rakyat kecil. Namun, setelah ia terpilih ia lupa akan janjinya. Ia lebih mementingkan dirinya dan kroni-kroninya. Pemimpin yang amanah adalah pemimpin yang siap mengabdikan dirinya untuk kepentingan rakyat, pemimpin yang selalu menempatkan kepentingan umum di atas segalanya, pemimpin yang rela mengorbankan kepentingan pribadinya demi mensejahterakan rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar